Kamis, 28 Januari 2016

5 Pesepakbola Dunia Yang Menjadi Mualaf


Ada sejumlah pemain bola top dunia yang pernah merumput di klub-klub Eropa ternyata adalah seorang mualaf. Menurut pengakuan mereka, menjadi seorang muslim adalah pilihan karena keyakinannya bukan dipengaruhi orang lain termasuk pasangan hidupnya.


Berikut FTS 90 akan menyajikan pemain-pemain dunia yang menjadi mualaf.

1. Franck Ribery

                           

Pemain Bayern Muenchen yang menempati posisi gelandang ini meyakini Islam karena bisa menjadi sumber kekuatan hidupnya. Ribery pernah berkisah pada media Prancis, L'Express, tentang keyakinannya itu.

"Islam adalah sumber kekuatanku, di dalam dan di luar lapangan. Islam telah membimbingku dan mengantarkanku kepada keselamatan," tutur Ribery.

Ribery memeluk Islam pada 2005 saat masih memperkuat klub Turki, Galatasaray. Dia bangga ketika publik mengetahui bahwa dia seorang muslim.

Ada tuduhan menjadi mualaf karena pengaruh wanita yang kemudian dinikahinya. Tapi hal itu ditepisnya meski diakui bahwa istrinya Wahiba Belhami adalah seorang muslimah.

Karena jauh sebelum kenal dengan Wahiba yang merupakan seorang muslimah asal Maroko, dia memang terbiasa di lingkungan orang muslim.

"Tidak ada yang bisa memaksa saya. Biar saya yang tahu apa alasannya,'' jelas Ribery yang punya nama Islam Bilal Yusuf Muhammad.

2. Eric Abidal
 


Nama Eric Abidal kembali menjadi sorotan pemerhati sepakbola saat merumput setelah setahun absen memperkuat Barcelona. Bek berpaspor Perancis itu sebelumnya harus beristirahat panjang usai transplantasi hati.

Terlepas dari semuanya, penampilannya menghapus semua kerinduan Barcelonista, kala itu. Abidal merupakan salah satu pemain yang memilih Islam sebagai jalan hidupnya.

Membaca dua kalimat syahadat dilakukan pemain keturunan Afrika itu pada 2003 silam. Sebelum berislam, Abidal beragama katolik seperti yang diyakini kedua orang tuanya.

Abidal masuk Islam tak lama sebelum memutuskan menikah dengan tambatan hatinya, Hayet, pada tahun yang sama. Hayet merupakan gadis keturunan Aljazair. Dua kalimat syahadat diucapkan setelah memiih nama Eric Bilal Abidal.

Abidal bukan hanya dikenal sebagai sosok muslim yang taat beribadah, pria dua anak itu juga dikenal sebagai sosok keras mempertahankan kewibawaan Islam.

3. Thierry Henry

Islam adalah sebuah pilihan, demikian kata bintang sepak bola asal Perancis, Thierry Henry. Karena itu, ketika memutuskan menjadi mualaf, ia merasa sangat dekat dengan Islam. Aljazirah mengabarkan Henry memeluk Islam 2009 silam.

"Aku menganggap Islam pilihan terbaik dalam beragama," kata mantan striker timnas Perancis tersebut.
Menurut Henry, menjadi seorang muslim itu tidak boleh setengah-setengah.

"Aku mengikuti semua apa yang diajarkan Alquran. Ini sebabnya aku anggap Islam yang paling dekat dengan hatiku," ucapnya.

4. Nicholas Anelka


Nicolas Anelka memulai moncer karirnya di Paris Saint-Germain. Kehebatannya dibuktikan dengan permainannya di klub-klub besar seperti Real Madrid, Arsenal, Liverpool, Manchester City, Bolton Wanderers, dan Chelsea.

Anelka memeluk Islam dengan memilih nama Abdul Salam Bilal Anelka. Ia resmi menjadi mualaf 2004 saat masih memperkuat klub Turki, Fenerbahce. Ia juga yakin bahwa Islam merupakan agama yang paling benar di muka bumi.

"Aku bahagia kini menyandang status sebagai muslim. Ketenangan dan semua pelajaran hidup aku dapat dari agama ini," ujar Anelka.

Sebelum jadi mualaf, Anelka adalah atheis, hidup tanpa kepercayaan. Satu hal yang ia banggakan setelah memeluk Islam adalah mengajarkan peduli sesama dan bersikap adil serta bijaksana.

Dia merasa sebelum mengenal Islam dirinya pribadi yang keras, temperamental, dan tak kenal kompromi.
"Tapi semua berubah setelah aku mengenal Islam," jelasnya.

Sebagai pemeluk Islam dia mengaku tak pernah absen berpuasa saat Ramadhan.

"Tidak ada persoalan yang besar saat aku berpuasa. Staminaku tetap terjaga untuk berlatih dan bertanding," tegasnya.
Anelka beristrikan seorang wanita muslimah bernama Barbara Tausia, keturunan Maroko. Kedua insan itu mengikat janji sebagai suami sitri di Maroko, 9 Juni 2007.

5. Philipe Senderos


Pemain yang pernah di timnas Swiss, Philippe Sylvain Senderos memutuskan menjadi mualaf 2012 silam. Pesepak bola yang pernah bermain di Fulham ini memutuskan memeluk Islam di sebuah pusat agama Islam di Manchester, Inggris.

Ketertarikan Sanderos kepada Islam bukan datang secara tiba-tiba. Lulusan sarjana teologi itu akhirnya menjatuhkan pilihan untuk memeluk Islam. Sebelumnya, ia banyak mempelajari soal agama-agama di dunia.

''Saya tertarik pada agama-agama di dunia. Saya banyak membaca buku,” kata Senderos .

Setelah menjadi muslim, Senderos mencoba mengubah hidupnya dengan menjauhi kehidupan glamor, seks bebas dan minum alkohol dan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar