Sabtu, 30 Januari 2016

Pelatih Yang Sukses Semasa Menjadi Pemain Maupun Pelatih


Ada banyak pelatih-pelatih top dunia yang sangat sukses dalam karir kepelatihannya. Namun banyak juga pelatih yang sukses saat masih menjadi pesepakbola professional dengan meraih banyak gelar pribadi maupun membantu klub nya untuk meraih kejayaan. Pada kesempatan kali ini FTS 90 akan menyajikan pelatih-pelatih yang sukses semasa menjadi pemain maupun saat melatih :

1. Franz Beckenbauer


Franz Beckenbauer adalah seorang pemain sepak bola Jerman, pelatih tim nasional Jerman, serta tokoh organisasi sepak bola Eropa. Ia dijuluki Der Kaiser (Sang Kaisar) karena gayanya yang anggun, kemampuannya memimpin, dan dominasinya di atas lapangan sepak bola, sebagai seorang libero.

Prestasinya sebagai pemain sangatlah mengagumkan, terbukti ia pernah membawa Jerman Barat menjuarai piala Eropa 1972 dan piala dunia 1974. Di level klub ia juga tak kalah hebat, ia pernah merengkuh trofi liga champions Eropa 3 kali berturut-turut bersama Bayern München.


Setelah pensiun sebagai pemain, Beckenbauer mencoba menjadi pelatih. Karirnya sebagai pelatih juga tak kalah hebat, karena ia pernah membawa timnas Jerman Barat menjuarai piala dunia 1990 dengan mengalahkan Argentina, ia juga pernah membawa Bayern München menjuarai piala UEFA
Ia kemudian menjadi presiden klub Bayern München sejak 1994 dan pada 2002 klub jerman itu menunjuknya sebagai Presiden Kehormatan sampai sekarang.


2. Johan Cruyff

Johan Cruyff adalah mantan pemain dan pelatih sepakbola berkebangsaan Belanda. Ia adalah orang yang menggagas taktik Total Football yang terkenal sampai sekarang ini.

Saat masih aktif bermain, Cruyff berhasil membawa Belanda sampai final piala dunia 1974 walaupun akhirnya takluk oleh Jerman Barat. Di level klub ia pernah mempersembahkan 3 kali gelar liga champions Eropa secara berturut-turut pada Ajax Amsterdam.

Setelah pensiun sebagai pemain, Cruyff mencoba menjadi pelatih. Karirnya sebagai pelatih juga tak kalah hebat, karena ia pernah membawa Barcelona menjadi juara liga Spanyol 4 kali berturut-turut dan juara liga champions untuk pertama kalinya, sekaligus menciptakan generasi "The Dream Team Barcelona" pada saat itu
Ia adalah orang pertama yang berhasil meraih gelar juara liga champions Eropa sebagai pemain dan pelatih. Sekarang ia menjadi presiden kehormatan klub Barcelona

3. Carlo Anceloti


Carlo Ancelotti merupaakan seorang manajer sepak bola dan mantan pemain sepak bola asal Italia yang sekarang menjadi manajer klub Ligue 1 Paris Saint-Germain.

Sebagai pemain, Ancelotti bermain sebagai gelandang dan pernah 26 kali memperkuat tim nasional Italia, termasuk pada putaran final Piala Dunia 1990. Pada tahun 1987 hingga 1992 ia memperkuat AC Milan dan berhasil membawa Milan yang menjuarai liga champions 1989 dan 1990.


Sebagai pelatih, ia pernah meraih 2 kali gelar liga champions bersama AC Milan, piala super Eropa, juara Serie A, dan piala dunia antar klub.


Bersama Chelsea, Ancelotti berhasil mendobrak dominasi Manchester United dengan menjuarai liga Inggris dan piala FA di musim pertamanya.


4. Frank Rijkaard


Frank Rijkaard adalah mantan pemain berkebangsaan Belanda dan mantan pelatih Barcelona. Semasa aktif sebagai pemain, ia berposisi sebagai pemain bertahan.

Saat bermain dulu, ia pernah membawa timnas Belanda menjuarai piala Eropa 1988 mengalahkan Uni Sovyet 2-0. Di level klub, ia pernah membawa Ajax Amsterdam juara piala winners dan liga Belanda. Saat bersama AC Milan, ia berhasil meraih 2 kali juara liga champions bersama "The Dream Team AC Milan" pada saat itu yang dilatih oleh Arrigo Sacchi.


Sebagai pelatih, ia pernah menangani barcelona selama 4 musim, dan berhasil membawa Barcelona meraih 2 kali juara liga Spanyol dan juara liga champion Eropa di tahun 2006 usai mengalahkan Arsenal 2-1.


5. Pep Guardiola


Josep Guardiola atau biasa disapa Pep Guardiola adalah mantan pemain berkebangsaan Spanyol dan mantan pelatih klub Barcelona.

Pep pernah bermain untuk Barcelona selama 10 musim, ia berhasil mempersembahkan banyak trofi bergengsi bagi Barcelona, termasuk 4 kali juara liga spanyol beruntun, 1 kali juara liga champions Eropa, dan piala winners. Saat baru berusia 20 tahun, ia telah mampu masuk ke skuad inti Barcelona yang pada waktu itu diasuh oleh Johan Cruyff. Pep juga pernah mengantar timnas Spanyol meraih juara olimpiade 1992 di Barcelona.


Saat ditunjuk sebagai manajer Barcelona menggantikan Frank Rijkaard, Pep sempat dipandang remeh oleh publik Catalan, karena ia tak punya pengalaman membesut tim sekelas Barcelona. Namun Pep menjawab keraguan tersebut dengan mengantar Barcelona meraih treble winner di musim pertamanya. Bahkan di tahun 2009, ia mengantarkan Barcelona memecahkan rekor sebagai klub pertama yang sanggup meraih 6 gelar sekaligus dalam 1 tahun kalender.


6. Antonio Conte


Namanya seolah identik dengan prestasi Juventus, saat menjadi pemain Ia berhasil memberikan Juventus dua kali juara Seria A, sedangkan untuk timnas Italy Ia menjadi pemain yang membawa Italy menembus babak final piala dunia tahun 1994, serta Piala Eropa tahun 2000. 

Sedangkan saat menjadi pelatih, Conte berhasil memberikan Juventus gelar scudetto 3 kali secara berturut-turut. Dan pada saat dilatih oleh Conte Juventus berhasil membuat rekor sebagai tim yang tidak pernah kalah selama satu musim.

7. Luis Enrique

Mantan Gelandang Barcelona, Luis Enrique juga bisa dianggap sebagai mantan pesepak bola yang sukses sebagai pelatih. Meskipun tergolong sebagai pelatih baru, Enrique mampu membawa Barcelona menjadi tim terbaik saat ini.

Musim 2014-2015 menjadi pencapaian terbaik bagi Enrique. Enrique mampu membawa Barcelona meraih trebel winner. Selama menjadi pelatih Enrique telah meraih satu gelar Piala Super Eropa, satu gelar Liga Champions, satu gelar Piala Dunia Antarklub.

Itulah pelatih-pelatih yang sukses semasa menjadi pemain maupun pelatih menurut FTS 90.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar