Jumat, 26 Februari 2016

5 Fakta Unik Dalam Rivalitas Klub Eropa


Rivalitas yang terjadi antar dua klub biasanya terjadi karena beberapa faktor seperti, kedua kota yang saling bersaing dan masih banyak faktor yang laninya.
Berikut FTS90 akan mengulas tentang fakta unik dalam rivalitas klub Eropa.

1.)El Classico : Real Madrid Vs Barcelona


Siapa yang tidak mengenal derby El Classico, hampir semua penikmat sepak bla baik yang mendukung Barcelona dan Real Madrid ataupun tidak. Derby ini memang sangat panas dan sangat bergengsi.
  • Laga Pertama El Classico
El Classico pertama kali dipertemukan antara Real Madrid Vs Barcelona yakni pada tanggal 13 Mei 1902. Pertandingan kala itu digelar di Stadion Hippodromo, Spanyol. Dilaga pertama El Classico itu Barcelona berhasil meraih kemenangandengan skor 3-1, gol Barcelona dicetak oleh Udo Steinburg dan dua gol Joan Gamper, sedangkan Real Madrid mencetak gol dari kaki Arthur Johnson.
  • Tranfer Pemain
Pemain yang pertama kali pindah dari Barcelona ke Real Madrid adalah Alfonzo Albeniz yakni pada tahun 1902. Disusul oleh Luis Figo pada tahun 2000.
Pemain Real Madrid yang pertama kali pindah ke Barcelona adalah Luciano Lizzaraga yakni pada tahun 1905.
  • Gol Tercepat
Gol tercepat dalam sejarah El Classico di kubu Real Madrid dicetak oleh Karim Benzema yakni dengan catatan waktu 22 detik dan Enrique Mateos, sedangkan di kubu Barcelona dicetak oleh Francisco Carrasco.

2.) Derby Manchester : Man.United Vs Man.City


  • Pertandingan Pertama
Pertandingan derby manchester pertama kali digelar pada tahun 1881, kala itu Man.City masihbernama West Gordon melawan Newton Heath yangkala itu masih menjadi nama Man.United. Dalam pertandingan tersebut dimenangkan oleh Heathens alias Man.United dengan skor 3-0.
  • Transfer Pemain
Pemain yang berhasil ditransfer dari Man.City ke United adalah Billy Meredith, Sandy Turnbull, Jimmy Bannister, dan Herbet Burges. Keempat pemain tersebut berhasil membantu Man.United menjuarai Liga pada 1908.
Sedangkan pemain United yang pindah ke Man.City adalah Carlos Tevez, setelah ia menghabiskan masa pinjamannya bersama City dan akhirnya ia memutuskan bergabung dengan Man.City pada tahun 2009.
  • Dimulainya Rivalitas Tinggi
Pertandingan derby Manchester sudah terjadi sebanyak 165 kali, dengan 69 kali kemenangan United dan 46 kali kemenangan City. Derby Manchester mulai memanas saat City dimiliki oleh Sheikh Mansour pada 2008, dan membuktikan sebagai tim yang hebat dengan mengalahkan United dengan skor 6-1 pada musim 2011-2012. Dan pada musim itu juga City berhasil menjuarai Premier League dengan hanya menang agregat 8 gol dari United di posisi ke dua.

3.) Derby Merseyside : Everton Vs Liverpool


  • Permulaan Derby
Derby ini merupakan derby paling keras dan panas di Premier League. Derby ini tidak pernah terputus sejak musim 1962-1963 dari divisi teratas liga Inggris.
  • Derby Sekota (Friendly Derby)
Derby ini merupakan derby paling keras dan panas di Premier League. Derby ini tidak pernah terputus sejak musim 1962-1963 dari divisi teratas liga Inggris. Derby ini disebut juga “Friendly derby” karena kedua suporter terbagi rata dalam kota Liverpool. Fakta unik dalam derby ini adalah jarak antara markas Liverpool dan Everton hanya sekitar 1 km, dan dulunya Anfield merupakan kandang dari Everton sebelum Everton memutuskan untuk pindah ke Goodison Park. Maka dari itu dalam derby ini Everton tidak pernah merasakan bermain sebagai tim tandang dan begitu pula sebaliknya.

4.) Man.United Vs Liverpool


  • Peningkatan Rivalitas
Rivalitas dalam derby ini mulai tumbuh diantara pemain dari kedua klub. Legenda Man.United, Gary Neville menyatakan kepada publik bahwa ia tidak suka kepada Liverpool. Dan pemain United lainnya, Wayne Rooney yang merupakan jebolan dari Everton, rival sekota Liverpool juga tidak suka kepada Liverpool.
  • Kejadian Panas
Musim 2011-2012 merupakan musim yang sangat panas bagi kedua klub ini, dimana kala itu Luis Suarez yang merupakan striker Liverpool melontarkan pernyataan rasis kepada Evra, atas kejadian itu Suarez dihukum oleh FA selama 8 pertandingan. Kemudian Suarez kembali membuat ulah yakni dengan menolak jabatan tangan Patrice Evra sebelum laga dimulai.
  • Transfer Pemain
Pemain pertama yang pindah dari Liverpool Ke Man.United adalah Tom Charlton pada 1912. Dan terakhir adalah Chisnall, kemudian sejak saat selama 50 tahun tidak ada lagi transfer yang terjadi antara kedua klub tersebut.

5.) Derby Della Madonnina : AC Milan Vs Inter Milan


  • Pertandingan Pertama
Derby ini pertama kali dimulai pada final turnamen Coppa Chiasso, dengan kemenangan 21 untuk AC Milan. Pertandingan tersebut digelar setelah tujuh bulan Inter Milan terbentuk.
  • Pencetak Gol Terbanyak
Pencetak gol terbanyak dalam derby ini adalah :
  • AC Milan, Andriy Shevchenko (14 gol)
  • Inter Milan, Giuseppe Meazza (13 gol)
  • AC Milan, Gunnar Nordahi (11 gol)
  • Inter Milan, Istvan Nyers (11 gol)
  • Inter Milan, Enrico Candiani (10 gol)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar