Rabu, 10 Februari 2016

5 Tim Sepakbola Yang Pernah Memakai Formasi Tidak Lazim


Pada awal perkembangannya tim tim sepak bola jarang menggunakan formasi yang tetap namun pada sepakbola modern banyak pelatih yang sudah menggunakan formasi yang sudah tetap bahkan formasi bisa menjadi suatu ciri khas klub sepak bola atau menjadi ciri khas pelatih pelatih sepakbola. Namun tidak jarang tim sepakbola juga menggunakan formasi yang bisa disebut tidak lazim untuk formasi sepakbola , nah untuk itu FTS90 akan menyajikan Tim Yang Pernah Memakai Formasi Tidak Lazim 


5. Ajax Amsterdam (1995): 3-3-1-3


Formasi ini dipakai Louis van Gaal bersama Ajax. Dengan pola itu dia berhasil membawa The Amsterdamers meraih berbagai gelar, termasuk Liga Champions di 1995.
Mengandalkan tiga bek dan tiga gelandang enerjik, Ajax kala itu sukses menerapkan permainan total football. Jari Litmanen menjadi playmaker untuk mengatur aliran bola kepada bomber Patrick Kluivert serta dua winger Finid George dan Marc Overmars.


4. Prancis (1984): 4-2-2-2


Formasi ini juga disebut "kotak ajaib". Adalah pelatih Michael Hidalgo yang memperkenalkannya. Dan dengan cara bermain itu pula dia berhasil membawa Prancis keluar sebagai juara Eropa pada 1984.
Pola ini benar-benar mengandalkan permainan dari tengah, bukan sisi lapangan. Untungnya kala itu Prancis memang memiliki kuarter gelandang hebat yakni Jean Tigana, Alain Giresse, Luis Fernandez dan Michel Platini.

3. Australia (2006): 3-6-1


Pola ini juga diusung oleh pelatih Belanda. Dia adalah Guus Hiddink ketika membawa Australia tampil di Piala Dunia 2006.
Memang tak ada prestasi menngkilap yang dicatat ketika memakai formasi tersebut. Tapi dengan mengandalkan kekuatan 6 gelandang sekalius, Socceroos selalu mampu mendominasi permainan.

2. Barcelona (2009/2010): 4-2-4


Pola ini adalah besutan Pep Guardiola. Barcelona begitu berjaya ketika menggunakannya. Sejumlah trofi bergengsi seperti La Liga, Piala Super Eropa dan Piala Dunia Klub disapu bersih.
Salah satu alasan Guardiola memakainya adalah demi mengakomodir melimpahnya tenaga di lini serang. Bayangkan saya, kala itu di Barcelona masih ada bomber top sekelas Thierry Henry, belum lagi kehadiran pemain berbakat seperti Pedro Rodriguez dan Andres Iniesta serta Lionel Messi.


1. Spanyol (2012): 4-6-0


Vicente Del Bosque menerapkan pola ini ketika Spanyol menjuarai Piala Eropa di 2012. Formasi yang tak menihilkan peran penyerang juga biasa disebut "false nine".
Dengan pola ini Spanyol mengandalkan kekompakan tim untuk memainkan gaya tiki-taka. Secara perlahan tapi pasti, barisan gelandang La Furia Roja secara serentak masuk ke area pertahanan lawan dan berusaha mencari celah buat mencetak gol.

Itulah  Tim Sepakbola Yang Pernah Memakai Formasi Tidak Lazim menurut FTS90.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar