Selasa, 02 Agustus 2016

8 Pemain Dari Benua Asia Yang Sukses Di Kancah Eropa

Benua Eropa bisa dikatakan sebagai benua dengan kompetisi sepakbola terbaik, karena banyak klub-klub peringkat teratas peringkat FIFA lebih banyak didominasi oleh klub-klub asal Eropa. Pemain dari belahan dunia manapun banyak yang ikut mencoba peruntungannya di sepakbola eropa, tidak ketinggalan pemain-pemain dari benua Asia pun tidak lupa untuk ikut mencoba peruntungannya di sepakbola Eropa. Banyak sukses dan juga banyak yang hanya menjadi pengisi bangku cadangan saja. Lalu siapa sajakah pemain-pemain Asia yang sukses di kancah eropa ?

Berikut 8 Pemain Dari Benua Asia Yang Sukses Di Kancah Eropa. 


8. Ahn Jung Hwan



Ahn Jung Hwan merupakan pemain berkebangsaan Korea Selatan, namanya melejit saat gol-nya pada piala dunia 2002 menghentikan laju Italia ke babak perempat final. Gol tersebut juga membuatnya didepak dari klub dimana ia bermain, Perugia yang merupakan klub Italia. Ahn didepak karena dianggap telah merusak persepak bolaan Italia.Setelah itu ia kembali ke Jepang dan bermain bagi 2 klub yaitu Shimizu S-Pulse dan Yokohama F. Marinos.

Pada tahun 2005 ia kembali bermain di Eropa dengan klub asal Perancis Metz.Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang dan second striker ini dimusim berikutnya juga kembali memperkuat klub asal Eropa kali ini klub asal Liga Jerman yaitu,Duisburg.Dan setelah Duisburg terdegradasi ia mengakhiri petualangannya di Eropa dan kembali bermain di Asia dengan memperkuat Suwon Samsung Bluewings.

7. Shinji Kagawa



Dikenal sebagai salah satu anak ajaib sepakbola modern, Shinji Kagawa menjadi pemain Asia paling terkenal saat ini. Sejak tampil gemilang di Cerezo Osaka, Kagawa pindah ke Jerman pada 2010. Ia memilih bermain bersama Borussia Dortmund. Di sanalah nama Kagawa menjadi terkenal Ia dikenal sebagai pemain dengan kemampuan menyerang yang baik. Hal ini membuat Manchester United memboyongnya. Mampu menjadi juara Liga Premier di musim pertama, Kagawa gagal tampil memukau di musim selanjutnya. Kagawa hanya bermain sebanyak 38 kali untuk manchester united sebelum dirinya kembali ke klub lamanya, Borussia Dortmund

6. Keisuke Honda


Nama Keisuke Honda terkenal sejak tampil baik saat membela tim nasional Jepang di Piala Dunia 2010. Sebetulnya saat itu Honda sudah bermain di Eropa, tepatnya di CSKA Moscow. Mampu membawa empat gelar di sana, Honda menjadi incaran klub besar Eropa seperti Arsenal, Tottenham Hotspurs dan Liverpool. Namun ia lebih memilih bermain bersama AC Milan. Pindah dengan status bebas transfer, Honda selalu menjadi pilihan utama. Walaupun Milan sedang dalam performa buruk, ia tetap mampu tampil memukau.

5. Park Ji-sung


Nama di atas tidak bisa dilepaskan dari kiprah fantastis Korea Selatan di Piala Dunia 2002. Bertindak sebagai tuan rumah, mereka mampu melaju hingga babak semifinal. Park Ji-sung adalah salah satu pemain paling bersinar saat itu.

PSV Eindhoven adalah tim yang membuka jalan Ji-sung untuk meraih sukses. Penampilannya membuat Manchester United membeli jasanya. 7 musim bersama MU, Ji-sung mendapat 13 piala termasuk juara Liga Champions. Memiliki tenaga badak dan kemampuan bertahan yang baik, Ji-sung menjadi kepercayaan Sir Alex Ferguson selama bertahun-tahun. Dan tahun lalu ia baru saja mengakhiri karir sepakbola di Eindhoven. Akhir yang manis bagi pemain Asia paling sukses di Eropa.


4. Shunsuke Nakamura


Salah satu pemain sepakbola asal Asia yang berhasil meraih kesuksesan di benua Eropa adalah Shunsuke Nakamura. Pemain kelas atas asal Negeri Sakura, Jepang, ini tercatat pernah bermain untuk klub sepakbola asal Spanyol bernama Glasgow Celtics dan Espanyol. Nakamura dikenal sebagai seorang pemain yang memiliki skill menawan pada tendangan bebas kaki kirinya. Mimpinya yang kuat untuk menjadi pemain andalan di benua Eropa pun memetik keberhasilan setelah dirinya tercatat sebagai salah satu pemain sepakbola terbaik di Eropa. Aksi menawannya mampu memikat hati publik saat ia tengah mengakurasi tendangan bola mati yang kemudian mampu menghasilkan hattrick saat klubnya, Glasgow Celtic, tengah menghajar St. Mirren dengan skor 7-0. Namun sayangnya, dibalik skillnya yang begitu menawan, Nakamura kerap dikritik lantaran memiliki stamina yang lemah.


3. Ali Al Habsi 


Satu lagi pemain Asia yang berhasil meraih kesuksesan di benua Eropa. Ia adalah Ali Al Habsi. Pemain asal Oman tersebut pertama kali datang ke Negeri Ratu Elizabeth, Inggris, untuk bermain bersama klub sepakbola Bolton Wanderers kemudian dipinjam pada klub Wigan selama satu tahun lamanya. Setelah dipinjamkan pada Wigan, status Al Habsi pun kemudian berubah menjadi pemain tetap Wigan. Dan hingga ini, pria yang lebih memilih menjadi penjaga gawang ini pun telah dikenal sebagai salah satu penjaga gawang paling tangguh di dunia. Bahkan, ia telah menjadi salah satu penjaga gawang paling elit di Liga Inggris. Kehebatannya dalam menjaga gawang bahkan telah diakui oleh banyak striker-striker kelas atas Liga Inggris, salah satunya berasal dari klub Manchester City.

2. Cha Bum-kun


Cha Boom" atau Tscha Bum adalah julukan yang diberikan publik sepakbola Jerman kepada Cha Bum-kun karena mempunyai tendangan yang keras. Bermain di Bundesliga dari 1978 hingga 1989, Bum-kun menjadi terkenal karena bermain di dua klub besar yaitu Eintrach Frankfurt dan Bayer 04 Leverkusen. Hebatnya, level permainannya di dua klub tersebut sama bagusnya. Total 98 gol dicetak selama karirnya. Bahkan Bum-kun bisa menjadi juara UEFA Cup 1987-88 bersama Leverkusen.

Meskipun sudah pensiun, Bum-kun tetap dikenal sebagai pemain Korea Selatan terbaik sepanjang masa. Tentu wajar karena saat itu hanya sedikit pemain Asia yang bisa berkarir dan bersinar di sepakbola Eropa. Bahkan Alex Ferguson menyebutnya sebagai "pemain yang tidak bisa dihentikan" dan Lothar Matthaus menobatkannya sebagai "penyerang terbaik di dunia."

1. Hidetoshi Nakata


Hidetoshi Nakata adalah pemain berkebangsaan Jepang. Nakata adalah salah satu pemain Asia yang paling terkenal pada masanya dan merupakan salah satu pesepak bola terbaik Asia. Selain mengharumkan nama Timnas Jepang, Nakata juga pernah bermain di Serie A bersama Perugia,AS Roma,Parma,Bologna dan Fiorentina.Ia pernah merasakan gelar juara Serie A bersama AS Roma dan bersama AC Parma ia berhasil menjuarai Coppa Italia dan Supercoppana Italiana.Ia juga pernah bermain di English Premier League bersama Bolton Wanderers.Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini juga pernah membawa timnas Jepang menjadi runner-up di Piala Konfederasi,meraih bronze ball di kompetisi itu dan juga masuk di best eleven Piala Konfederasi.Pemain ini juga masuk daftar FIFA 100 pilihan Pele.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar