Jumat, 05 Agustus 2016

5 Kiper Dengan Gol Terbanyak

Mencetak gol adalah tujuan bermain sepak bola selain untuk meraih kemenangan. Biasanya urusan mencetak gol hanya tugas seorang pemain depan, tetapi terkadang kiper yang bertugas menjaga gawangnya agar tidak kebobolan juga bisa diandalkan untuk urusan menjebol gawang lawan.
Berikut adalah 5 Kiper Dengan Gol Terbanyak.

1. Rogerio Mucke Ceni
100 Gol 45 (penalti-55 free kick)


Rogerio Mucke Ceni (lahir 22 januari 1973 di pato branco, parana) adalah kiper berkebangsaan Brasil. Dia telah menjadi anggota klub Serie A Brasil, Sao Paulo sejak 7 desember 1990, bermain lebih dari 950 pertandingan dan memenangkan 2 trofi Copa Libertadores dan dua World Club Championship. Rogerio Ceni adalah kiper yang memiliki keterampilan mencetak gol berkat kemahirannya menendang free kick maupun penalty kick. Hingga kini ia telah mencetak 96 gol melalui tendangan bebas dan tendangan penalti. Dia resmi diakui oleh FIFA dan IFFHS sebagai penjaga gawang yang memiliki rekor mencetak gol terbanyak dalam sejarah sepak bola.

2. Jose Luis Chilavert
62 Gol (45 Penalti-17 Free kick)



Jose Luis Felix Chilavert Gonzalez (lahir 27 Juli 1965 di Luque, Departamento Tengah) adalah kiper legendaris asal Paraguay. Dia pernah memenangkan penghargaan Kiper Terbaik Dunia versi IFFHS sebanyak tiga kali. Chilavert juga dikenal sebagai spesialis tendangan bebas. Dia mencetak 62 gol dalam karir profesionalnya, termasuk 8 gol di pertandingan internasional. Namun jumlah gol tersebut masih kalah oleh kiper Brazil, Rogerio Ceni.

3. Rene Higuita
41 Gol (37 Penalti-4 Others)



Jose Rene Higuita Zapata (lahir 27 Agustus 1966 di Medellin /Barrio Castilla) adalah mantan penjaga gawang Kolombia yang dijuluki “El Loco” alias si Gila. Ia juga merupakan pencipta tendangan Scorpion / Scorpion Kick. Selama karirnya, ia telah mencetak 41 Gol (37 pinalti dan 4 dari yang lain).


4. Jorge Campos
40 Gol (9 Penalti-31 Others)



Jorge Francisco Campos Navarrete (dijuluki El Brody atau Chiqui-Campos atau El ChapulĂ­n) (lahir 15 Oktober 1966 di Acapulco) adalah mantan pesepakbola Meksiko yang bermain sebagai kiper dan bisa bermain sebagai striker. Ciri khas nya ialah baju buatan sendiri yang berwarna terang dan meriah. Ia sempat didaulat sebagai kiper terpendek dalam sejarah sepakbola (168cm). Selama karir, ia telah mengemas 40 gol.


5. Dimitar Ivankov
40 Gol (40 Penalti)




Dimitar Ivanov Ivankov (lahir 30 Oktober 1975) adalah pemain sepak bola Bulgaria yang memulai karirnya di Levski Sofia. Dia bermain sebagai penjaga gawang, namun ia dikenal sebagai pencetak gol juga terutama dalam mengeksekusi tendangan penalti. Ivankov telah mengemas 40 gol dan Ia juga sempat memenangkan Super Lig Turki bersama Bursaspor pada tahun 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar