Kamis, 31 Maret 2016

7 Perseteruan Pelatih Top Eropa Paling Terkenal

Pelatih merupakan seorang peracik strategi untuk membawa tim yang diasuhnya bisa meraih berbagai trofi .Sejatinya sosok pelatih merupakan sosok yang menjadi panutan bagi semua anak buahnya di lapangan.Tetapi bagaimana kalau sosok yang menjadi panutan tersebut pernah berseteru dengan pelatih lain.  Perseteruan ini biasanya disebabkan karena tim yang diasuhnya memiliki rivalitas yang sengit. Siapa sajakah pelatih tersebut ?, berikut adalah 7 perseteruan pelatih top eropa paling terkenal.

1. Arsene Wenger vs Jose Mourinho

Perseteruan klasik ini selalu terjadi setiap kali Arsenal dan Chelsea berhadapan diatas lapangan dan 2 pelatih ini tidak pernah bertatapan mata karena keduanya menggunakan filosofi sepakbola yang sangat berbeda. Mourinho selalu mengkritik Arsene Wenger dan melontarkan pernyataan seperti ‘Dia adalah tukang intip dari Inggris'.

Dia adalah seseorang yang suka menonton orang lain dan spesialis kegagalan”. Lalu fans Arsenal mengejek Chelsea adalah klub yang membosankan namun Mou membalas, “Hal yang paling membosankan adalah berjuang 10 tahun tanpa mendapatkan gelar”. Perseteruan diantara keduanya selalu menjadi santapan pers.


2. Sir Alex Ferguson vs Kenny Dalglish


Perseteruan antara kedua pelatih asal Skotlandia ini berlangsung selama 30 tahun dan awalnya dimulai ketika keduanya bertemu dalam pertandingan Celtic melawan Rangers. Dilihat dari karir kepelatihan keduanya, pasti mereka merupakan pelatih terhormat di dunia sepakbola namun yang mendasari ini semua adalah persaingan sengit dan keinginan untuk saling berada diatas.

3. Jose Mourinho vs Pep Guardiola


Rivalitas Jose Mourinho ternyata tak hanya dengan Wenger saja. Namun juga dengan mantan manajer Barcelona, Pep Guardiola. Kala Mourinho menjadi manajer Real Madrid, kerap kali memancing emosi Guardiola. Akhirnya, emosi Guardiola pun terpancing dan secara terang-terangan mengungkapkan enggan bersaing dengan Mourinho.
“Di ruangan ini (media centre Real Madrid), Mourinho bosnya, orang yang br*ngs*k. Saya di sini tidak bisa berkompetisi dengannya. Jika Barcelona ingin berkompetisi dengannya, mereka harus mencari pelatih baru,” ucap Pelatih yang saat ini mengasuh bayern munchen.

4. Sir Alex Ferguson vs Rafael Benitez


Sebuah perseteruan sengit lahir ketika Liverpool diasuh Benitez dan menjadi penantang gelar. Kesemua ini dimulai pada tahun 2009, ketika Benitez mengatakan kata-kata kasar yang mengesankan dimana ia membuat ‘fakta’ seputar Fergie bahwa dirinya adalah satu-satunya pelatih yang tidak bisa dihukum. Ferguson saat itu menjawab, “Benitez adalah pria yang suka marah”. Keduanya sempat berseteru sengit selama bertahun-tahun sebelum Benitez hengkang dari Liga Premier. 

5. Sir Alex Ferguson vs Arsene Wenger




Selama bertahun-tahun, Manchester United dan Arsenal selalu mendominasi sepakbola Inggris dan hal inilah yang memicu persaingan sengit diantara kedua pelatih tersebut. Sir Alex Ferguson langsung mengatakan kepada pers ketika melihat Wenger melatih Arsenal pada tahun 1996 seperti “Mereka mengatakan dia (Wenger) adalah orang cerdas, bukan?

Berbicara dalam 5 bahasa? Saya punya anak umur 15 tahun yang berasal dari Pantai Gading yang bisa berbicara 5 bahasa”. Hubungan dingin tersebut berubah menjadi es ketika Inggris dikejutkan dengan rekor tak terkalahkan Arsenal dan hal ini membuat pelatih dan pemain bentrok di terowongan, sebuah pizza dilemparkan ke arah Cesc Fabregas yang diduga dilempar oleh Fergie. Fergie mengatakan kepada wartawan bahwa Wenger adalah ‘aib’.



6. Jose Mourinho vs Frank Rijkaard


Kali ini Mourinho berseteru dengan manajer Barcelona kala itu yakni Frank Rijkaard. Perseteruan keduanya terjadi pada saat ajang Liga Champions 2005 silam. Mourinho yang menjadi pelatih Chelsea kala itu tak terima dengan keputusan wasit yang memimpin pada leg pertama pertandingan.

Bahkan Mourinho mengucapkan kalimat provokasi yang memicu emosi pelatih Barca tersebut. Pada leg kedua, Barca harus kalah dari Chelsea sehingga agregat pun menjadi 5-4 untuk kemenangan Chelsea. Selesai pertandingan, Rijkaard pun meluapkan kekesalannya kala menuju ruang ganti stadion. 


7. Billy Davies VS Nigel Clough



Meski saling meremehkan satu sama lain selama bertahun-tahun, perseteruan antara Billy Davies dan Nigel Clough terlihat sangat nyata dan Clough mengakui, “Kami memiliki perseteruan selama bertahun-tahun”. Perseteruan yang paling menonjol terjadi di Derby Midlands antara Derby dan Nottingham Forest beberapa musim lalu, ketika Derby (dikelola oleh Clough) berhasil menghentikan rekor tak terkalahkan Forest. Sebuah perseteruan jarak dekat terjadi menjelang akhir pertandingan yang melibatkan pemain dan pelatih.


Sekian dan kunjungi terus FTS90

Tidak ada komentar:

Posting Komentar