Minggu, 14 Februari 2016

Tim Raksasa Eropa yang Pernah Terdegradasi

Tim Raksasa Eropa yang Pernah Terdegradasi

Pada kesempatan kalin ini FTS90 kembali menyajikan fakta tentang sepakbola yakni Tim Raksasa Eropa yang pernah terdegradasi.
Sejarah yang kelam merupakan hal yang cukup biasa tetapi hal itu tidak boleh berlanjut sampai saat ini.
Karena sejarah kelam yang pernah dialami klub raksasa Eropa harus menjadi pelajaran agar tidak terulang lagi di musim yang selanjutnya.

1.) Liverpool


Pada musim 1953-1954 merupakan sejarah berakhirnya 50 tahun bagi Liverpool yang luar biasa buruknya di kompetisi divisi satu Liga Inggris. Pada musim itu Liverpool mengalami kebobolan sampai 97 gol dan megalami lima kekalahan berturut-turut pada awal musim, dan hal itu yang menyebabkan The Reds harus terdegradasi. Setelah itu pada musim 1959 Bill Shankly mendapat kepercayaan sebagai manager Liverpool.

2.) Atletico Madrid


Sebelum menjadi tim yang ditakuti di Eropa seperti halnya kini, Atletico mengalami musin yang buruk yakni harus terdegradasi dari papan atas liga Spanyol pada musim 1999-2000.
Presiden Atletico saat itu Yesus Gil dinyatakan bersalah karena menyalahgunakan dana klub. Tim asal Spanyol ini sudah membeli pemain bintang seperti Jimmy Hasselbaink, namun Atletico harus terdegradasi ke Segunda Division. Tetapi anehnya Atletico pada musim itu berhasil mencapai final Copa del Rey.

3.) Juventus


Mungkin inilah kasus degradasi yang paling menghebohkan sepanjang sejarah. Juventus kala itu berhasil menjuarai Serie A pada musim 2005-2006 karena dihuni oleh banyak pemain bintang seperti Ibrahimovic, Buffon, dan Del Piero.
Dan setelah musim yang sukses itu, Juventus diselidiki karena skandal pangaturan skor (Calciopoli). Luiciano Moggi yang kala itu menjadi manajer Juventus dinyatakan bersalah. Juventus juga harus rela karena terdegradasi dan harus bermain di Serie B. Dan hal itu juga yang menyebabkan gelar yang telah diraih oleh Juventus yakni juara Serie A musim 2004-2005 dan 2005-2006 harus dicabut.
Tetapi ada pelajaran dari kasus tersebut yakni loyalitas kapten Juventus saat ini Gianluigi Buffon dan Del Piero masih setia kepada Juventus meski banyak tawaran yang datang kepada mereka.

4.) Manchester United


Pada musim 1973-1974 merupakan musim yang buruk bagi Manchester United. Manajer Manchester United saat itu adalah Tommy Docherty. Dan karena Sammy Mcllroy hanya mencetak enam goal ketika musim itu menyebabkan United harus terdegradasi ke divisi dua Liga Inggris setelah tampil sangat buruk.


Kunjungi terus FTS90 tentang fakta sepak bola.

Sekian dan Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar